13.19
1
Danau Labuan Cermin.

Tersembunyi di Kabupaten Berau, sebuah pesona alam yang menakjubkan, itulah Danau Labuan Cermin di Desa Biduk-Biduk. Tidak banyak di dunia terbentuk fenomena alam seperti yang terjadi Danau Labuan Cermin, danau di dalam danau. Ya, Danau Labuan Cermin terbagi menjadi danau air asin di dasar dan danau air tawar di permukaannya. Di pertemuan kedua jenis air terdapat lapisan hidrogen sulfida yang tampak seperti kabut. Hal ini dapat terjadi karen air asin lebih berat dibandingkan air tawar, namun yang mengherankan mengapa kedua air tidak bercampur menjadi air payau? Terlepas dari sains di baliknya, danau ini adalah tempat yang sangat unik.
Melongok ke dalam air yang biru jernih tampak lapisan kabut, mungkin untuk pertama kali melihat lapisan kabut akan dikira sebagai dasar danau, namun apabila diperhatikan, samar-samar akan muncul segerombolan ikan dari bawah kabut ke lapisan air tawar. Ikan-ikan air laut terkadang masuk ke danau untuk mencari makan, memang danau labuan cermin tidak sepenuhnya terputus dari laut, dan ikan laut bisa leluasa keluar masuk danau. Namun, karena berasal dari laut, mereka  memilih berenang di bagian danau air asin.
Dengan gaya katak saya menyebrangi Danau Labuan Cermin, kurang lebih sekitar 100 m lebarnya, tidak ada arus, maka saya dapat berenang dengan santai. Melihat ke bawah tampak batang-batang pohon besar melintang menembus lapisan kabut, pemandangan yang sungguh unik.  Berbagai macam tanaman hutan tropis mengelilingi bibir danau, mulai dari pohon raksasa hingga pandan berduri. Sebagian dari akar pohon berada di bawah permukaan air, dan beberapa dahan pohon menjuntai menembus danau.
Pandan berduri yang tumbuh di tepian danau memiliki setengah batangnya di dalam air, dan setengah lagi di atasnya. Di sela-sela batang pandan ratusan ikan berwana perak berenang secara bergerombol. Saya berusaha diam agar mereka mendekat, namun sedikit gerakan mereka akan berenang berhamburan, bersembunyi di balik lembaran daun pandan.
Untuk melepas lelah, saya memijakkan kaki di batu-batu karang di tepi danau. Alangkah terkejutnya ketika rasa sakit menghujam telapak kaki saya, ternyata permukaan batu dihuni oleh keong-keong hitam yang berduri. Melongkok ke bawah ternyata ratusan keong bertebaran seperti ranjau di antara bebatuan dan batang-batang pohon di dalam danau.
Berenang kembali membelah air biru Danau Labuan Cermin saya merasakan rasa tenang yang amat sangat, kali ini dengan gaya punggung, langit biru di atas, sejuknya air danau menopang tubuh, saya sudah sampai di surga, walau hanya sejenak.
Perjalanan menuju Danau Labuan Cermin memang membutuhkan usaha yang lebih, namun keindahan dan keunikan alam yang akan anda temui membuat semua kesulitan tidak berarti.

jadi so asik guys untuk tempat berlibur sambil menikmati sejuknya danau labuan ini.

1 komentar:

  1. Kejernihan air dan keindahan taman di dasar air adalah daya tarik utama dari Danau labuan cermin. Tempat ini juga cocok buat foto pre wedding atau sekedar selfie.
    Btw tempat parkirnya memang belum ada ya?

    BalasHapus